Sabtu, 06 Februari 2010

Manfaat Beberapa Organisasi PBB Bagi Indonesia dan Dunia

(Hanya untuk sekedar merepost tugas Ekonomi kelas 9 saya)



IMF (International Monetary Fund)

Atau dana Moneter International. Organisasi yang didirikan pada tanggal 27 September 1945 ini bertujuan untuk mengatur arus moneter dunia. Dengan adanya IMF, arus moneter dan keuangan antar negara bisa stabil. Sedangkan untuk Indonesia, IMF telah berperan banyak dalam pemberian bantuan kredit luar negri.


FAO (Food and Agriculture Organization)

Atau Organisasi Pangan dan Pertanian. Organisasi yang didirikan pada tahun 16 Oktober 1945 ini bertujuan untuk meningkatkan gizi, taraf hidup, dan mutu pangan di seluruh dunia. Dengan adanya FAO, nilai gizi, mutu, dan kualitas pangan di dunia bisa terjaga. Sedangkan untuk Indonesia, FAO telah banyak berperan dalam pemberian bantuan kepada korban-korban bencana seperti pemberian bantuan dari FAO kepada korban Tsunami Aceh.


UNIDO (United Nation Industrial Development Organization)

Organisasi ini didirikan pada tahun 24 Juli 1966, bertujuan untuk meningkatkan pembangunan sektor industri di negara-negara berkembang. Dengan adanya organisasi ini, negara-negara berkembang bisa meningkatkan pembangunannya di sektor industri. Sedangkan untuk Indonesia UNIDO telah banyak membantu Indonesia dalam pengembangan sektor Industri seperti beberapa kegiatan proyek kerjasama teknis terutama berkaitan dengan peningkatan kemampuan teknologi industri, peningkatan kualitas lingkungan, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat.


ILO (International Labour Organization)

Atau Organisasi buruh Internasional, didirikan pada tanggal 11 April 1919, bertujuan untuk melindungi dan menyetarakan hak-hak kaum buruh di dunia. Dengan adanya organisasi ini, hak-hak kaum buruh di dunia bisa dilindungi. Sedangkan untuk Indonesia, ILO telah membantu indonesia penilaian dalam kinerja pemerintah lokal terhadap kaum buruh


WTO (World Trade Organization)

Atau organisasi perdagangan Internasional, didirikan pada tanggal 15 April 1994 bertujuan untuk mengatur dan mengawasi arus perdagangan di seluruh dunia. Dengan adanya Organisasi ini, arus perdagangan dunia bisa semakin lancaran. Untuk Indonesia, WTO telah berperan banyak dalam kelancaran perdagangan antar berbagai negara dengan Indonesia karena telah ditetapkannya berbagai hukum perdagangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar