Senin, 08 Februari 2010

Efek Globalisasi

Hanya untuk sekedar me re-post tugas Kn kelas 9



Di zaman sekarang ini, teknologi sudah semakin berkembang khusunya di bidang informasi dan telekomunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi itu, muncullah berbagai peralatan yang memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi tanpa harus menatap lawan bicara seperti penemuan pesawat telefon oleh. Juga peralatan yang memungkinkan untuk penyebar luasan informasi-informasi berita dari berbagai pelosok dunia seperti penemuan televisi, dan komputer beserta internet. Semua penemuan itu sangatlah berperan penting dalam penyebar luasan informasi-informasi dan kelancaran komunikasi antar kota, provinsi, bahkan negara. Sejak ditemukannya penemuan-penemuan yang memperlancar saluran informasi dan komunikasi seperti pesawat telefon, televisi, dan komputer, dunia ini seakan-akan semakin dekat saja karena komunikasi yang semakin mudah terjalin serta informasi dari berbagai pelosok bumi yang semakin mudah didapat, itulah yang kita sebut Globalisasi.
Globalisasi memberikan pengaruh yang amat besar bagi masyarakat di dunia. Banyak efek yang ditimbulkan oleh Globalisasi mulai dari efek positif hingga efek negatif. Sebagian besar efek Globalisasi ditimbulkan oleh media elektronik seperti televisi dan internet, karena media elektronik merupakan media yang paling digemari dan yang paling mudah diterima oleh masyarakat.
Secara umum, Globalisasi dapat mengubah persepsi masyarakat seperti tersebar berita tentang kasus kriminalisasi dua pimpinan KPK dan kasus aliran dana bank century yang membuat ketidak percayaan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia terhadap kepolisian. Juga selain berita lokal, salah satu berita yang dapat mengubah persepsi masyarakat adalah berita tentang penyerangan Israel terhadap Palestina tahun lalu yang membuat seluruh dunia khususnya negara Islam menggalakan aksinya untuk menuntut negara Israel menghentikan aksinya.
Selain mengubah persepsi masyarakat, Globalisasi dapat dengan mudah merubah gaya hidup masyarakat. Beberapa contoh efek Globalisasi yang dapat dengan mudahnya merubah gaya hidup masyarakat adalah munculnya situs jejaring sosial yang bernama Facebook. Sejak munculnya Facebook, masyarakat dunia lebih sering membuka internet daripada sebelumnya. Fitur Facebook yang begitu bagus membuat Facebook menjadi lebih lebih terkenal dibanding situs jejaring sosial lainnya sehingga membuat seluruh dunia dilanda demam Facebook karenanya, bahkan Facebook pun digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari presiden Amerika Barrack Obama hingga tukang parkir di Jakarta. Selain Facebook, teknologi Globalisasi yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat adalah masuknya film-film luar negri di bioskop Indonesia seperti Spiderman, dan Ironman. Dengan masuknya film-film luar negri itu, masyarakat menjadi tidak cinta dengan negaranya sendiri dan lebih cenderung meniru gaya hidup orang-orang Barat yang terdapat dalam film-film itu.
Walaupun nampaknya banyak efek Globalisasi itu membawa pengaruh buruk, tetapi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai agama dan negaranya serta bersikap kritis dalam memilih informasi-informasi arus Globalisasi yang masuk, maka efek negatif dari Globalisasi itu sendiri bisa diperkecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar