Minggu, 21 Februari 2010

Laporan hasil Observasi

(Hanya untuk merepost tugas sekolah)

Berikut ini saya akan menyajikan hasil observasi saya mengenai kegiatan yang ada diperpustakaan pada saat istirahat pertama, kedua, dan jam pulang sekolah pada hari senin, 26 Oktober 2009. Berikut rinciannya.


Istirahat Pertama

Pada saat istirahat pertama, perpustakaan masih begitu sepi, hanya sedikit pengunjungnya. Pengunjung perpustakaan pada jam istirahat pertama adalah murid-murid pengunjung setia perpustakaan yang setiap harinya selalu mengunjungi perpustakaan. Mereka adalah Resi Respati, Haryo Bimo, Rifqi Rafifandi, Irham Arfakhsad Putra, Astrolabe Al-Ayubi Suprianto, dan Muhammad Gazi Mahdi. Kegiatan yang mereka lakukukan adalah membaca buku, majalah dan koran terkecuali Resi Respati yang bermain internet perpustakaan sendirian

Perpustakaan pada jam istirahat pertama diawasi oleh seorang pegawai perpustakaan yang bernama Pak Rahmat Aditama. Yang dilakukan Pak Rahmat pada istirahat pertama ini adalah sedang mencatat entri buku-buku baru yang masuk untuk disimpan sebagai koleksi perpustakaan. Pak Rahmat mempunyai rekan sekerjanya yaitu Pak Gerry Mulyawandri yang pada saat jam istirahat pertama ini sedang bertugas piket.


Istirahat Kedua

Pada saat istirahat kedua, perpustakaan begitu ramai, pengunjungnya sudah cukup banyak. Pengunjung perpustakaan pada jam istirahat kedua seperti biasanya, pengunjung setia perpustakaan, serta beberapa tambahan seperti murid-murid akselerasi tahun kedua, murid-murid kelas 8, serta beberapa murid kelas 9 selain pengunjung setia perpustakaan. Kegiatan yang mereka lakukan pada istirahat kedua ini bervariasi. Seperti biasanya, pengunjung setia perpustakaan membaca buku, koran, dan majalah serta bermain internet. Untuk murid-murid akselerasi tahun kedua, kegiatan yang mereka lakukan adalah meminjam buku untuk refrensi pembelajaran. Sedangkan murid-murid kelas 8, kegiatan yang mereka lakukan sama dengan murid-murid pengunjung setia perpustakaan. Lalu untuk kelas 9 yang bukan pengunjung setia perpustakaan, kegiatan yang mereka lakukan hanyalah mendinginkan diri mereka dari hawa panas yang menyengat diluar ruangan.

Perpustakaan pada jam istirahat kedua diawasi oleh seorang pegawai perpustakaan yang bernama Pak Gerry Mulyawandri, rekan sekerjanya Pak Rahmat Aditma. Kali ini Pak Gerry bertukar posisi dengan Pak Rahmat untuk mengawasi perpustakaan. Yang dilakukan Pak Gerry pada saat istirahat kedua ini adalah melayani dan mendata murid-murid yang meminjam buku.


Pulang Sekolah

Pada jam pulang sekolah, perpustakaan relatif lebih sepi, tetapi pengunjungnya lebih banyak dari istirahat pertama. Pengunjung perpustakaan pada jam pulang sekolah ini didominasi oleh staf-staf dan guru-guru sekolah (terdiri dari staf TU dan staf Labkom), namun masih ada murid-murid kelas 9 yang masih termasuk pengunjung setia perpustakaan serta seorang murid SMA Labsky. Kegiatan yang dilakukan oleh staf-staf sekolah adalah sedang membantu pegawai perpustakaan untuk menurunkan tembok triplek yang tidak jadi dipasang, kecuali staf TU yang sedang mengurusi data di komputer perpustakaan. Sedangkan yang dilakukan oleh murid-murid kelas 9 yang termasuk anggota pengunjung setia yaitu Resi Respati di perpustakaan adalah bermain internet. Lalu yang kegiatan yang dilakukan oleh seorang murid SMA Labsky adalah bermain komputer, dia baru pulang dari TO.

Perpustakaan pada jam pulang sekolah diawasi oleh kedua pegawai perpustakaan yaitu Pak Rahmat dan Pak Gerry. Yang dilakukan Pak Rahmat dan Pak gerry adalah menurunkan tembok triplek yang tidak jadi dipasang, mereka dibantu oleh staf labkom yaitu Pak Wahyu Hidayat dan Pak Hasyim Subarna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar